Objek Primitif Pada Pemrograman Open GL

Pada pemrograman dasar open GL terdapat 4 objek yang dibuat, yaitu :
1. Titik
penulisan pada program adalah GL_POINTS
2. Garis
penulisan pada program adalah GL_LINES
3. Polyline
penulisan pada program adalah GL_LINE_STRIP
4. Polygon
penulisan pada program adalah GL_LINE_LOOP

Contoh coding untuk pembuatan titik :

glBegin(GL_POINTS);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X, koordinat Y);
glEnd();

Contoh coding untuk pembuatan garis :

glBegin(GL_LINES);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X1, koordinat Y1);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X2, koordinat Y2);
glEnd();

Contoh coding untuk pembuatan polyline :

glBegin(GL_LINE_STRIP);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X1, koordinat Y1);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X2, koordinat Y2);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X3, koordinat Y3);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X4, koordinat Y4);
glEnd();

Contoh coding untuk pembuatan polyline :

glBegin(GL_LINE_LOOP);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X1, koordinat Y1);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X2, koordinat Y2);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X3, koordinat Y3);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X4, koordinat Y4);
glEnd();

Keterangan :
Untuk tipe data diatas yang biasa digunakan adalah :
1. Tipe data Float ( disingkat dengan f )
2. Tipe data Integer ( disingkat dengan i )
3. Tipe data Double ( disingkat dengan d )

1 comments:

Anonim mengatakan...

nice tips

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Total Tayangan Halaman

15,761

EXTRAordinary Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts