Pada pemrograman dasar open GL terdapat 4 objek yang dibuat, yaitu :
1. Titik
penulisan pada program adalah GL_POINTS
2. Garis
penulisan pada program adalah GL_LINES
3. Polyline
penulisan pada program adalah GL_LINE_STRIP
4. Polygon
penulisan pada program adalah GL_LINE_LOOP
Contoh coding untuk pembuatan titik :
glBegin(GL_POINTS);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X, koordinat Y);
glEnd();
Contoh coding untuk pembuatan garis :
glBegin(GL_LINES);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X1, koordinat Y1);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X2, koordinat Y2);
glEnd();
Contoh coding untuk pembuatan polyline :
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X1, koordinat Y1);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X2, koordinat Y2);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X3, koordinat Y3);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X4, koordinat Y4);
glEnd();
Contoh coding untuk pembuatan polyline :
glBegin(GL_LINE_LOOP);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X1, koordinat Y1);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X2, koordinat Y2);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X3, koordinat Y3);
glVertex2(tipe_data)(koordinat X4, koordinat Y4);
glEnd();
Keterangan :
Untuk tipe data diatas yang biasa digunakan adalah :
1. Tipe data Float ( disingkat dengan f )
2. Tipe data Integer ( disingkat dengan i )
3. Tipe data Double ( disingkat dengan d )
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 comments:
nice tips
Posting Komentar